Menentukan Barang yang Lebih Berat dan Lebih Ringan
📘 Pendahuluan
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering membandingkan berat benda. Misalnya, saat berbelanja buah, kita bisa menilai apakah apel lebih berat dari jeruk, atau sebaliknya. Kegiatan membandingkan berat benda ini merupakan dasar dari konsep pengukuran massa dalam matematika SD.
📚 Materi Pembelajaran
Materi ini terdapat dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Kelas 1 SD, Kurikulum Merdeka, pada topik “Mengukur Berat Benda” (Halaman 61–63).
Siswa diajak mengamati dan membandingkan benda dengan timbangan sederhana atau secara langsung dengan tangan.
📖 Sumber:
Buku Siswa Matematika Kelas 1 SD, Kemendikbud, Edisi Revisi 2018, halaman 61–63.
🏫 Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa dapat:
- Menentukan benda yang lebih berat atau lebih ringan.
- Menggunakan perbandingan sederhana untuk membedakan berat dua benda.
- Menyebutkan hasil perbandingan dengan kalimat yang tepat.
⚖️ Contoh Operasi Perbandingan Berat
Mari kita lihat contoh berikut:

- Benda A: Sebuah apel
- Benda B: Sebuah jeruk
Jika saat dipegang apel terasa lebih berat daripada jeruk, maka dapat ditulis:
Berat apel>Berat jeruk
Sebaliknya, jika kita membandingkan pensil dan penghapus, dan ternyata penghapus lebih berat, maka:
Kita juga dapat menggunakan timbangan sederhana (seperti neraca dua lengan). Jika sisi kiri turun, berarti benda di sisi kiri lebih berat.
💡 Aktivitas Siswa
Cobalah di rumah atau di sekolah:
- Ambil dua benda, misalnya batu kecil dan bola plastik.
- Pegang keduanya di tangan kanan dan kiri.
- Tentukan benda mana yang lebih berat dan tuliskan hasilnya!
simak artikel lainnya di bawah ini
