Menghitung Pola Lompatan Tali Skipping
Abstrak:
Belajar matematika tidak harus duduk diam di kelas. Melalui kegiatan menghitung pola lompatan tali skipping, siswa diajak memahami konsep pola bilangan sambil bergerak aktif dan bersenang-senang. Aktivitas ini melatih konsentrasi, ketelitian, serta semangat berkompetisi yang sehat.
Isi:
Siapa bilang berhitung itu membosankan? Dalam kegiatan ini, siswa bermain tali skipping sambil menghitung jumlah lompatan yang berhasil mereka lakukan dalam waktu tertentu — misalnya 30 detik atau 1 menit. Setiap siswa mencatat hasilnya, kemudian membandingkan hasil antarpercobaan.
Dari sini, guru dapat mengajak siswa menemukan pola bilangan yang muncul. Misalnya:
-
Percobaan 1: 18 lompatan
-
Percobaan 2: 24 lompatan
-
Percobaan 3: 30 lompatan
Ternyata jumlah lompatan naik dengan selisih 6 setiap kali! Nah, itulah pola matematika dalam gerakan sederhana.
Selain belajar berhitung, kegiatan ini juga mengajarkan disiplin, fokus, dan kerja sama. Anak-anak belajar bahwa matematika bisa hadir di mana saja — bahkan di tengah permainan yang penuh tawa dan keringat.
