Menghitung Pola Lompatan Tali Skipping
Abstrak:
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih konsentrasi, ketelitian, dan kemampuan berhitung siswa melalui aktivitas fisik yang menyenangkan. Dengan menghitung pola lompatan saat bermain tali skipping, siswa dapat memahami konsep pola bilangan dan irama gerakan dalam matematika.
Isi:
Siswa diminta bermain tali skipping secara bergantian sambil menghitung jumlah lompatan yang dilakukan dalam waktu tertentu, misalnya 30 detik atau 1 menit. Setiap siswa mencatat hasilnya dan membandingkan dengan teman-teman lain untuk menemukan pola yang muncul, seperti peningkatan jumlah lompatan setiap percobaan.
Guru dapat mengarahkan siswa untuk membuat tabel data dari hasil pengamatan, lalu menganalisisnya. Misalnya, jika pada percobaan pertama 20 lompatan, percobaan kedua 25, dan percobaan ketiga 30, maka siswa dapat menyimpulkan adanya pola kenaikan tetap.
Kegiatan ini tidak hanya mengasah kemampuan berhitung, tetapi juga menumbuhkan semangat olahraga dan kerja sama antarsiswa.
Mengukur Panjang Papan Luncur di Taman Bermain | contekan.web.id
