Menghitung Langkah Menuju Papan Tulis
📘 Pengantar
Dalam kehidupan sehari-hari, matematika dapat kita temui di mana saja, bahkan saat berjalan menuju papan tulis. Kegiatan sederhana seperti menghitung jumlah langkah dapat membantu siswa memahami konsep pengukuran tidak baku. Pengukuran ini menggunakan satuan yang tidak standar seperti langkah kaki, jengkal, atau pensil.
Aktivitas menghitung langkah membantu siswa kelas 1–2 SD mengenal jarak dan satuan panjang sederhana sebelum mempelajari satuan baku seperti meter dan centimeter.
📏 Kegiatan Pembelajaran
Guru dapat meminta siswa menghitung berapa langkah yang diperlukan untuk mencapai papan tulis dari tempat duduk mereka. Misalnya, setiap siswa mencoba menghitung dengan ukuran langkah masing-masing. Dari sini, siswa dapat belajar bahwa hasilnya bisa berbeda karena ukuran langkah setiap orang tidak sama.
🧩 Contoh Operasi

Misalkan:
- Dinda menghitung 10 langkah menuju papan tulis.
- Budi menghitung 8 langkah untuk jarak yang sama.
Jika rata-rata panjang langkah Dinda adalah 40 cm dan langkah Budi 50 cm, maka jarak ke papan tulis bisa dihitung:
Jarak Dinda=10×40=400 cm=4 meter
Jarak Budi=8×50=400 cm=4 meter
👉 Dari hasil tersebut, meskipun jumlah langkah berbeda, jaraknya sama, yaitu 4 meter.
📚 Sumber Referensi
Buku Sumber:
Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Kelas 2 SD – Tema: Pengukuran Panjang
Penulis: Siti Mulyani dkk.
Penerbit: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)
Edisi Revisi Kurikulum Merdeka
📄 Halaman: 35–37 — Materi Mengukur Panjang dengan Alat Tidak Baku
simak artikel lainnya di bawah ini
