Mengenal Denah Sederhana Ruangan Kelas
📖 Pengantar
Dalam kehidupan sehari-hari, denah membantu kita memahami letak suatu tempat. Di sekolah, denah ruangan kelas dapat digunakan untuk menunjukkan posisi meja, kursi, lemari, papan tulis, dan pintu. Melalui pembelajaran tentang denah sederhana, siswa belajar membaca arah dan memahami posisi suatu benda terhadap benda lainnya.
Menurut Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Kelas III SD Kurikulum Merdeka, siswa dikenalkan pada denah sederhana untuk mengembangkan kemampuan spasial, mengenali arah (atas, bawah, kiri, kanan), dan menentukan posisi benda di suatu ruang (halaman 78–80, BSE Matematika Kelas III SD, Kemdikbud, 2021).
🧭 Contoh Penerapan
Perhatikan denah sederhana berikut (dapat digambarkan di papan tulis):
-------------------------
| Papan Tulis |
|--------------------------|
| M1 | M2 | M3 | M4 | M5 |
| M6 | M7 | M8 | M9 | M10 |
|--------------------------|
| Pintu Masuk |
-------------------------

Pertanyaan operasi posisi:
- Meja M1 berada di sebelah kanan papan tulis atau dekat jendela.
- Meja M8 berada di belakang meja M3.
- Pintu berada di bagian bawah ruangan (arah selatan).
Contoh soal operasi sederhana:
Jika ada 5 baris meja dan 4 kolom meja, berapa jumlah semua meja?
Jawaban:
( 5 x 4 = 20 ) meja.
🎯 Kesimpulan
Melalui pembelajaran denah sederhana, siswa belajar memahami arah dan posisi suatu benda dalam ruang dua dimensi. Kegiatan ini melatih kemampuan berpikir spasial dan logika matematis, yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.
📚 Sumber
Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Kelas III SD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kurikulum Merdeka, halaman 78–80.
simak artikel lainnya di bawah ini
