Membuat Simetri Lipat di Kupu-Kupu Kertas
Simetri lipat adalah konsep matematika di mana suatu objek dapat dilipat sedemikian rupa sehingga dua bagian yang terbentuk tepat berimpit satu sama lain. Dalam kehidupan sehari-hari, salah satu contoh yang menarik adalah kupu-kupu kertas 🦋. Bila sayap kiri dan sayap kanan dari kupu-kupu kertas dilipat pada garis tengahnya, kedua sayap akan saling tepat berimpit. Dengan demikian, kupu-kupu kertas memiliki satu garis sumbu simetri (yaitu garis lipat vertikal yang membagi tubuh kupu-kupu menjadi dua bagian cermin).
Materi tentang simetri lipat ini terdapat dalam buku BSE (Buku Sekolah Elektronik) Matematika untuk SD, khususnya bab mengenai “Simetri Lipat pada Bangun Datar”. (Sebagai catatan: saya belum menemukan secara online referensi BSE Matematika SD kelas 6 yang mencantumkan nomor halaman secara spesifik untuk kupu-kupu; Anda dapat melihat buku fisik atau versi digital BSE lokal sekolah Anda untuk mengetahui halaman persisnya.)
Namun, umumnya materi simetri lipat di buku kelas 6 berada di bab awal (bab simetri atau geometri dasar), sekitar halaman 10-20 (tergantung edisi).
Langkah Membuat Kupu-Kupu Kertas dengan Simetri Lipat
Berikut langkah sederhana dan operasi yang bisa dilakukan siswa:
Siapkan selembar kertas persegi atau persegi panjang tipis.
Gambar setengah sayap kupu-kupu pada sisi kiri kertas, misalnya setengah pola seperti kurva, titik, garis gelombang, atau pola hiasan.
Lipat kertas secara vertikal pada garis tengah (garis lipat).
Setelah dilipat, tekan ringan agar cat / tinta atau grafit dari pola setengah sayap terbawa ke sisi kanan (dengan cara ditekan atau digosok).
Buka lipatan, maka pola yang terbentuk di sisi kanan akan menjadi bayangan simetri dari pola di sisi kiri, menghasilkan sayap kanan kupu-kupu yang serupa.
Tambahkan badan kupu-kupu di tengah garis lipat, dan warnai sesuai keinginan.
Dengan cara ini, siswa dapat melihat langsung prinsip bahwa sayap kiri dan kanan menjadi “cermin” satu sama lain melalui garis lipat.
Contoh Operasi Simetri Lipat — Soal & Pembahasan
Soal:
Seorang siswa menggambar pola pada setengah sayap kupu-kupu: titik A di jarak 2 cm ke atas dari garis lipat dan 3 cm ke kiri dari garis lipat, serta garis lurus kecil dari titik A ke titik B di jarak 1 cm ke kanan dan 1 cm ke atas dari titik A. Jika pola itu dilipat, where akan muncul gambar di sisi kanan? Tentukan posisi bayangan titik A dan bayangan titik B setelah lipat.
Pembahasan:
Titik A semula berada 3 cm ke kiri dari garis lipat dan 2 cm di atas garis lipat. Setelah lipat, bayangan titik A akan berada 3 cm ke kanan dari garis lipat dan tetap 2 cm di atas garis lipat.
Titik B relatif terhadap A: dari A ke B adalah “naik 1 cm dan ke kanan 1 cm”. Maka bayangan B akan berada relatif dari bayangan A: naik 1 cm dan ke kiri 1 cm (karena sisi kanan akan menjadi cermin). Jadi bayangan B selain berada di sisi kanan, akan di posisi (1 cm ke kiri dari bayangan A) dan 1 cm ke atas dari bayangan A.
Dengan demikian, titik bayangan di sisi kanan secara simetri akan mengikuti jarak dan arah yang “cermin” terhadap garis lipat.
Penutup & Catatan untuk Guru / Orang Tua
Belajar membuat simetri lipat melalui kupu-kupu kertas sangat menyenangkan dan konkret bagi siswa kelas 6. Mereka tidak hanya belajar teori, tetapi juga melakukan praktik langsung sehingga konsep cermin dalam simetri menjadi lebih mudah dipahami.
Untuk memastikan kesesuaian dengan kurikulum lokal (K13 atau lainnya), guru atau orang tua dapat mengecek buku BSE Matematika SD kelas 6 yang digunakan di sekolah, memastikan bab simetri lipat mana dan halaman berapa materi tersebut muncul, lalu menyelaraskan kegiatan praktek seperti ini dengan materi tersebut.
BERIKUT MERUPAKAN ARTIKEL SEBELUMNYA:
https://contekan.web.id/menghitung-jumla…is-di-bola-sepak/

