Membuat Pola Angka dari Langkah Menari
Pendahuluan
Belajar matematika tidak selalu harus duduk di kelas dengan buku dan pensil. Salah satu cara menyenangkan untuk memahami konsep pola bilangan adalah dengan menari! Melalui langkah-langkah tarian, siswa dapat mengenali urutan dan pola angka secara konkret dan menyenangkan.
Kegiatan Pembelajaran
Guru dapat mengajak siswa membuat pola langkah di lantai kelas atau lapangan. Misalnya, setiap langkah ke kanan mewakili angka genap, dan setiap langkah ke kiri mewakili angka ganjil.
Setiap gerakan dapat diberi nilai tertentu, sehingga terbentuk urutan angka yang menarik.
Contoh:

- 1 langkah ke kiri → angka 1
- 2 langkah ke kanan → angka 2
- 3 langkah ke kiri → angka 3
- 4 langkah ke kanan → angka 4
Maka pola angka yang terbentuk adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, … dan seterusnya.
Siswa dapat melanjutkan pola tersebut sesuai irama musik. Dengan cara ini, mereka belajar mengidentifikasi pola berulang (repetitif) dan memahami bagaimana urutan bilangan dapat direpresentasikan melalui gerakan.
Contoh Operasi Matematika
Misalkan setiap langkah kanan = +2 dan setiap langkah kiri = +1.
Jika seorang siswa menari dengan urutan langkah:
kanan, kanan, kiri, kanan, kiri
Maka perhitungannya:
= 2 + 2 + 1 + 2 + 1 = 8
Artinya, total “nilai langkah” siswa tersebut adalah 8.
Sumber Belajar
Buku Sumber:
BSE Matematika Kelas II SD/MI – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud),
Bab 4: “Pola Bilangan dan Bentuk” — halaman 72–74.
Kesimpulan
Melalui kegiatan menari sambil berhitung, siswa belajar pola bilangan secara aktif dan menyenangkan. Aktivitas ini melatih konsentrasi, kemampuan berpikir logis, serta koordinasi tubuh.
simak artikel lainnya di bawah ini
