Membuat Denah Tempat Duduk Saat Upacara
Abstrak:
Kegiatan ini melatih siswa dalam memahami konsep posisi dan tata letak menggunakan matematika dasar. Siswa diminta untuk membuat denah tempat duduk saat upacara di lapangan sekolah dengan memperhatikan jarak antarbaris dan kolom. Dengan kegiatan ini, mereka belajar tentang koordinat, pengukuran jarak, serta keteraturan pola dalam penataan posisi.
Isi:
Dalam kegiatan ini, siswa menggambar denah sederhana di atas kertas milimeter blok. Setiap titik mewakili satu siswa, dengan jarak antar titik yang sama untuk menjaga kerapian. Mereka dapat menggunakan penggaris dan pensil untuk menandai posisi setiap barisan. Setelah itu, siswa menghitung jumlah total peserta di setiap baris dan kolom.
Guru dapat memperkenalkan konsep baris (rows) dan kolom (columns) serta membahas pola keteraturan yang muncul. Selain itu, siswa juga bisa diminta untuk menghitung jarak total antara dua titik tertentu untuk memahami konsep pengukuran dalam skala kecil.
