Menjumlahkan dan Mengurangi Bilangan Dua Angka
Menjumlahkan dan mengurangi bilangan dua angka merupakan dasar penting dalam pembelajaran matematika untuk kelas 2 SD. 🧮 Dengan menguasai kedua operasi ini, siswa dapat menghitung dengan cepat dan tepat pada situasi sehari-hari, seperti menghitung uang, jumlah benda, atau menyelesaikan soal cerita.
Materi ini biasanya dibahas di buku Matematika Kelas 2 (Vol. 1 atau Vol. 2) dalam bagian operasi hitung bilangan (hingga 100) di Buku Sekolah Elektronik (BSE) atau buku teks resmi sekolah. Sebagai contoh, pada buku “Matematika – Vol 1 Kelas II” terdapat bab tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 100.
Buku Kemdikbud
Konsep Penjumlahan Dua Angka
Penjumlahan dua angka adalah operasi untuk menggabungkan dua bilangan menjadi satu jumlah total. Contohnya:
23 + 45 = ?
Cara menghitung:
Tambahkan satuan: 3 + 5 = 8
Tambahkan puluhan: 2 + 4 = 6
Maka, 23 + 45 = 68
56 + 28 = ?
6 + 8 = 14 → tulis 4, simpan 1 di puluhan
5 + 2 + 1 (simpan) = 8
Jadi, 56 + 28 = 84
Contoh soal cerita:
“Ade memiliki 34 kelereng, lalu Ibunya memberinya 27 kelereng lagi. Berapa banyak kelereng Ade sekarang?”
Jawab: 34 + 27 = 61
Konsep Pengurangan Dua Angka
Pengurangan dua angka berarti kita mengurangi satu bilangan dari bilangan lain untuk mengetahui selisihnya. Contohnya:
72 − 23 = ?
2 (satuan) − 3 → tidak bisa langsung, pinjam satu puluhan dari 7 → menjadi 12 − 3 = 9
Puluhan setelah meminjam: 6 (karena 7 dipinjam 1) − 2 = 4
Jadi, 72 − 23 = 49
85 − 47 = ?
5 − 7 → pinjam → jadi (15 − 7) = 8
Puluhan: 7 − 4 − 1 (pinjam) = 2
Maka, 85 − 47 = 38
Contoh soal cerita:
“Budi punya 65 kue, lalu dia memberi temannya 29 kue. Berapa banyak kue yang tersisa?”
Jawab: 65 − 29 = 36
Langkah-langkah dalam Menjumlah dan Mengurangi
Untuk mempermudah siswa, biasanya diajarkan langkah-langkah berikut:
Penjumlahan
Tulis bilangan satu di atas bilangan lainnya (susun menurut satuan dan puluhan).
Tambahkan bagian satuan terlebih dahulu.
Jika jumlah satuan ≥ 10, tulis angka satuan dan simpan puluhan ke bagian puluhan (carry).
Tambahkan bagian puluhan (beserta simpanan jika ada).
Tulis hasil penjumlahan.
Pengurangan
Tulis bilangan dikurangi di bawah bilangan dari mana dikurangkan, susun satuan dan puluhan.
Kurangkan bagian satuan terlebih dahulu.
Bila angka satuan dikurang lebih kecil dari bilangan dikurangkan → pinjam dari puluhan.
Kurangkan bagian puluhan (setelah pinjam jika ada).
Tulis hasil pengurangan.
Contoh Soal Latihan (dengan penyelesaian)
Berikut contoh soal latihan yang bisa digunakan di kelas:
37 + 24 = …
7 + 4 = 11 → tulis 1, simpan 1
3 + 2 + 1 = 6
Jawab: 61
49 + 38 = …
9 + 8 = 17 → tulis 7, simpan 1
4 + 3 + 1 = 8
Jawab: 87
63 − 25 = …
3 − 5 → pinjam dari 6 → jadi 13 − 5 = 8
Puluhan: (6 dipinjam menjadi 5) 5 − 2 = 3
Jawab: 38
90 − 46 = …
0 − 6 → pinjam dari 9 → 10 − 6 = 4
Puluhan: (9 dipinjam jadi 8) 8 − 4 = 4
Jawab: 44
Soal cerita:
“Siska membeli 48 permen, lalu ia makan 19 permen. Berapa banyak permen yang tersisa?”
48 − 19 = ?
8 − 9 → pinjam → jadi 18 − 9 = 9
Puluhan: (4 dipinjam menjadi 3) 3 − 1 = 2
Jawab: 29
Manfaat Menguasai Operasi Ini
Membantu siswa menghitung dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menghitung uang jajanan 🍭
Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan sistematis
Membangun fondasi kuat untuk operasi matematika lainnya, seperti perkalian dan pembagian
Sumber dari BSE / Buku Teks Resmi
Saya merujuk pada Buku Matematika – Vol 1 Kelas II, yang tersedia dalam koleksi BSE Kemendikbud, di bagian bab operasi hitung bilangan (penjumlahan dan pengurangan) hingga halaman-halaman awal buku (biasanya bab 2 atau 3).
Buku Kemdikbud
Untuk kelas 2, buku “Matematika Kelas 2 (Vol. 1)” membahas operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka sejak halaman awal bab (± halaman 10–30).
Buku Kemdikbud
Juga, dalam koleksi BSE Matematika Kelas 2, terdapat buku “Senang Matematika untuk SD/MI Kelas 2” yang juga memuat materi operasi hitung bilangan dua angka.
Anni Buku
BERIKUT MERUPAKAN ARTIKEL SEBELUMNYA:
https://contekan.web.id/menggunakan-triogonometri/

