More
    HomeMatematika Kelas 2MENGUKUR PANJANG TALI LAPANGAN

    MENGUKUR PANJANG TALI LAPANGAN

    Published on

    spot_img

    Mengukur Panjang Tali Lapangan: Konsep, Cara, dan Contoh Soal 🏃‍♂️🏟️

    Pendahuluan

    Dalam pembelajaran matematika, topik pengukuran sangat penting karena berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari, misalnya mengukur panjang benda, jarak, atau keliling lapangan. Salah satu aplikasi praktis adalah mengukur panjang tali yang harus diperlukan untuk mengelilingi lapangan (atau bagian dari lapangan). Judul “mengukur panjang tali lapangan” mengandung dua aspek utama: satu, pengukuran (menentukan ukuran yang tepat), dan dua, operasi matematika (menjumlahkan, mengkonversi satuan, atau menghitung keliling).

     

    Pada artikel ini, kita akan membahas:

     

    Konsep pengukuran panjang (baku dan tidak baku)

     

    Hukum kekekalan panjang

     

    Cara menghitung keliling lapangan

     

    Contoh operasi pengukuran panjang tali lapangan

     

    Soal latihan + penyelesaian

     

    Semua ini disesuaikan dengan materi yang ada di BSE Matematika dan modul pengukuran di kurikulum.

     

    Konsep Dasar Pengukuran Panjang

    Pengukuran tidak baku dan baku

     

    Menurut modul “Pembelajaran 4. Pengukuran” dari BSE, pengukuran panjang dapat dilakukan dengan satuan tidak baku dan satuan baku.

    GBelajar

     

    Pengukuran tidak baku: menggunakan satuan acuan yang tidak tetap, misalnya jengkal (lebar tangan), hasta (lengan bawah), depa (rentangan tangan), langkah, dan sebagainya. Hasilnya sering berbeda beda karena ukuran acuan tiap orang tidak sama.

    GBelajar

     

    Pengukuran baku: menggunakan satuan standar internasional (metrik) seperti kilometer, meter, desimeter, centimeter, milimeter. Dalam sistem metrik, setiap perpindahan satu tingkat dalam tangga satuan dikalikan atau dibagi 10.

    GBelajar

     

    Modul tersebut juga menyebutkan konsep hukum kekekalan panjang, yaitu panjang suatu tali tetap meskipun tali itu dilengkungkan atau dibengkokkan (selama tidak direntangkan atau dipendekkan).

    GBelajar

     

    Konversi satuan panjang

     

    Dalam materi BSE dan buku teks matematika, hubungan satuan panjang sangat penting. Modul pengukuran menyebut bahwa ketika kita turun satu tingkat satuan, dikalikan 10; sebaliknya, naik satu tingkat, dibagi 10.

    GBelajar

     

    Contohnya:

     

    1 m = 10 dm

     

    1 dm = 10 cm

     

    1 cm = 10 mm

     

    Sehingga, 1 m = 100 cm dan 1 m = 1000 mm, dan lain sebagainya.

     

    Konversi ini sangat berguna ketika kita akan mengukur panjang tali dalam satuan campuran atau ketika sisi-sisi lapangan diukur dalam satuan berbeda.

     

    Keliling Lapangan dan Panjang Tali yang Diperlukan

     

    Jika seseorang ingin meletakkan tali mengelilingi lapangan, yang perlu dihitung adalah keliling lapangan itu — yaitu jumlah panjang semua sisi batas lapangan (jika berbentuk poligon sederhana).

     

    Contoh: jika lapangan berbentuk persegi panjang, maka keliling = 2 × (panjang + lebar).

     

    Namun, dalam kasus yang lebih kompleks (misalnya lapangan segi banyak), kita harus menjumlahkan panjang semua sisi. Jika sisi-sisi diukur dalam satuan berbeda (misalnya ada sisi dalam meter, ada sisi dalam cm), kita harus menyamakan satuannya terlebih dahulu.

     

    Ketika tali benar-benar diletakkan mengelilingi lapangan, tali itu bisa melengkung atau mengikuti sisi melengkung, tetapi panjang total tali tetap sama dengan keliling batas lapangan (hukum kekekalan panjang).

     

    Jadi langkah umum:

     

    Ukur setiap sisi lapangan (menggunakan alat ukur yang sesuai, misalnya meteran rol)

     

    Pastikan semua sisi dalam satu satuan yang sama (konversi bila perlu)

     

    Jumlahkan panjang sisi → diperoleh keliling

     

    Panjang tali = keliling (atau sedikit tambahan cadangan jika perlu)

     

    Contoh Operasi: Mengukur Panjang Tali Lapangan

     

    Misalkan sebuah lapangan berbentuk persegi panjang dengan panjang = 50,0 meter dan lebar = 30,0 meter. Kita ingin mengetahui panjang tali yang dibutuhkan untuk mengelilingi lapangan tersebut (kelilingnya).

     

    Langkah:

     

    Keliling lapangan = 2 × (panjang + lebar)

     

    = 2 × (50,0 m + 30,0 m)

     

    = 2 × (80,0 m)

     

    = 160,0 m

     

    Jadi tali sepanjang 160,0 meter diperlukan untuk mengelilingi lapangan tersebut (tidak termasuk cadangan).

     

    Jika tambahan 1,5 meter cadangan diperlukan (agar ujung tali bisa diikat), maka panjang tali = 160,0 m + 1,5 m = 161,5 meter.

     

    Contoh operasi dengan sisi campuran

     

    Misalnya, lapangan berbentuk segi empat tak beraturan memiliki sisi-sisi:

     

    Sisi AB = 42,5 m

     

    Sisi BC = 2750 cm

     

    Sisi CD = 0,98 km

     

    Sisi DA = 1500 dm

     

    Hitung panjang tali yang dibutuhkan untuk mengelilingi.

     

    Penyelesaian:

     

    Ubah semua satuan ke meter:

     

    BC = 2750 cm = 2750 ÷ 100 = 27,50 m

     

    CD = 0,98 km = 0,98 × 1000 = 980,0 m

     

    DA = 1500 dm = 1500 ÷ 10 = 150,0 m

     

    Sisi AB sudah dalam meter: 42,50 m

     

    Keliling = AB + BC + CD + DA

    = 42,50 + 27,50 + 980,0 + 150,0

    = 42,50 + 27,50 = 70,00

    → ditambah 980,0 = 1050,0

    → ditambah 150,0 = 1200,0

     

    Jadi, keliling = 1200,0 meter

     

    Jadi tali sepanjang 1200,0 m diperlukan (belum termasuk cadangan).

     

    Soal Latihan & Kunci Jawaban

     

    Berikut contoh soal latihan yang bisa kamu kerjakan:

     

    Soal 1

     

    Sebuah lapangan berbentuk persegi panjang mempunyai panjang 64,3 m dan lebar 28,7 m.

    Hitunglah panjang tali yang diperlukan agar mengelilingi lapangan tersebut.

     

    Jawab:

     

    Keliling = 2 × (64,3 + 28,7)

    = 2 × 93,0

    = 186,0 m

     

    Jadi, tali sepanjang 186,0 meter diperlukan.

     

    Soal 2

     

    Lapangan berbentuk segi empat dengan sisi-sisi:

    AB = 75,20 m

    BC = 1 230 dm

    CD = 98 000 cm

    DA = 0,35 km

     

    Tentukan panjang tali yang dibutuhkan untuk mengelilingi lapangan tersebut!

     

    Jawab:

     

    Konversi satuan ke meter:

     

    BC = 1 230 dm = 1 230 ÷ 10 = 123,0 m

     

    CD = 98 000 cm = 98 000 ÷ 100 = 980,0 m

     

    DA = 0,35 km = 0,35 × 1000 = 350,0 m

     

    AB = 75,20 m

     

    Keliling = 75,20 + 123,0 + 980,0 + 350,0

    = (75,20 + 123,0) = 198,20

    → + 980,0 = 1 178,20

    → + 350,0 = 1 528,20

     

    Jadi, tali sepanjang 1 528,20 meter diperlukan.

     

    Pembahasan dan Catatan Penting

     

    Dalam buku BSE Matematika untuk topik “Pengukuran” disebut bahwa siswa harus memahami konversi satuan dan hukum kekekalan panjang.

    GBelajar

     

    Alat ukur yang cocok untuk lapangan biasanya meteran rol (meteran panjang) karena lapangan relatif luas dan membutuhkan alat panjang. (Bagian “Alat Ukur Panjang” di materi pengukuran)

    GBelajar

    +1

     

    Jika lapangan memiliki bentuk melengkung (misalnya sisi melengkung), maka idealnya tali mengikuti kelengkungan. Namun secara teori, keliling tetap sama dengan jumlah sisi batas (anggap kurva dibagi menjadi elemen-elemen kecil).

     

    Biasanya disarankan menambahkan sedikit cadangan tali agar ujung tali bisa diikat atau agar tali tak pas-pasan.

     

    Kesimpulan

     

    Mengukur panjang tali lapangan adalah aplikasi nyata dari materi pengukuran panjang dan keliling bangun datar. Dengan memahami satuan baku, konversi antar satuan, dan hukum kekekalan panjang, kita dapat menghitung panjang tali yang diperlukan secara tepat.

     

    Gunakan meteran rol atau alat ukur panjang lainnya untuk mengukur sisi lapangan, setiap sisi dikonversi ke satu satuan yang sama, kemudian jumlahkan agar diperoleh keliling. Tali yang diperlukan sama dengan keliling (ditambah cadangan).

     

    Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar atau mengajar topik pengukuran dan keliling lapangan!

     

    Sumber Referensi:

     

    Modul “Pembelajaran 4. Pengukuran” (BSE) — konversi satuan, pengukuran panjang, hukum kekekalan panjang.

    GBelajar

     

    Buku Matematika BSE (contoh pengukuran dan alat ukur panjang)

    Latest articles

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan arah untuk menunjukkan posisi...

    More like this

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...