Mengukur Panjang Gulungan Kertas Kado
Pendahuluan
Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan mengukur panjang sering kita temui, salah satunya saat membungkus hadiah. Untuk memastikan kertas kado cukup, kita perlu mengetahui panjang gulungan kertas yang tersedia. Kegiatan ini melatih kemampuan siswa dalam pengukuran panjang menggunakan satuan baku dan tak baku sesuai kompetensi dasar Matematika SD.
Konsep Matematika
Mengukur panjang berarti menentukan berapa satuan panjang yang dibutuhkan untuk menutupi suatu benda dari ujung ke ujung.
Satuan panjang yang sering digunakan antara lain:
- cm (sentimeter) untuk benda kecil,
- m (meter) untuk benda agak panjang.
Pada konteks kertas kado, satuan yang umum dipakai adalah cm atau meter.
Contoh Operasi Pengukuran

Misalkan Dina ingin membungkus hadiah ulang tahun menggunakan kertas kado yang digulung. Ia membuka sebagian gulungan dan ingin tahu panjang total kertas tersebut.
- Dina mengukur panjang satu lapis gulungan kertas yang terbuka, hasilnya 40 cm.
- Ia menghitung bahwa dalam gulungan terdapat 5 lapis kertas yang sama panjang.
Untuk mengetahui panjang seluruh gulungan, maka dilakukan perhitungan:
Panjang total=40 cm×5=200 cm
Jadi, panjang gulungan kertas kado adalah 200 cm atau 2 meter.
Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari
Kegiatan seperti ini membantu siswa memahami pentingnya pengukuran dalam aktivitas nyata, seperti membungkus hadiah, membuat dekorasi, atau mengukur pita. Selain itu, siswa belajar menggunakan alat ukur dengan teliti, seperti penggaris atau meteran.
Sumber Referensi
Buku Siswa Matematika Kelas II SD/MI, Kurikulum Merdeka
Penulis: Kemendikbudristek RI
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbudristek, 2021
📖 Bab 4: Pengukuran Panjang – Halaman 58–61.
simak artikel lainnya di bawah ini
