Menghitung Uang Jajan di Kantin Sekolah 🍎
Setiap hari, banyak siswa SD menerima uang jajan dari orang tua mereka. Uang jajan tersebut bisa digunakan untuk membeli snack, minuman, atau alat tulis di kantin sekolah. Materi “menghitung uang jajan” adalah bagian dari topik uang dalam pembelajaran Matematika kelas 2. Dengan memahami cara menghitung uang jajan, siswa akan lebih cermat dalam membeli dan menghitung kembalian.
Dalam buku Matematika kelas 2, materi tentang uang dan nilai pecahan uang dibahas dalam Bab “Mengenal Uang.”
ima-jateng-diy.com
Dalam materi tersebut, disebutkan bahwa:
Uang logam: Rp 100, Rp 200, Rp 500, Rp 1.000
Uang kertas: Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000
ima-jateng-diy.com
Nilai sekelompok uang dapat dihitung dengan menjumlahkan setiap pecahan uang.
ima-jateng-diy.com
Untuk menghitung uang kembalian, kita mengurangkan jumlah uang yang dibayarkan dengan total harga barang.
ima-jateng-diy.com
Sebagai contoh, dalam buku siswa Tema 3 subtema “Uang Saku” disebutkan bahwa Siti, Dayu, dan Beni memperoleh uang logam berbagai pecahan, dan mereka menghitung bahwa nilai ketiganya sama, yaitu Rp 2.000.
Buku Kemdikbud
Buku Matematika kelas 2 Vol. 1 (BSE) juga memuat materi-materi uang sesuai kurikulum merdeka / kurikulum sekolah.
Pentingnya Menguasai Menghitung Uang Jajan Kantin Sekolah
Mengapa siswa kelas 2 perlu mempelajari menghitung uang jajan di kantin sekolah?
Keterampilan sehari-hari
Setiap siswa menggunakan uang jajan di kantin setiap hari. Jika mereka bisa menghitung dengan benar, mereka tidak akan kecele atau kekurangan uang.
Latihan operasi hitung sederhana
Materi ini mengajak siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan dalam konteks nyata: menjumlahkan pecahan uang, mengurangi harga barang, menghitung kembalian.
Menumbuhkan rasa tanggung jawab
Bila siswa tahu cara menghitung uang jajan dan kembalian, mereka bisa belajar berhemat dan membaca skenario untuk membeli dengan uang yang ada.
Mengintegrasikan matematika dengan kehidupan nyata
Konsep uang adalah contoh nyata matematika — tak hanya angka di buku latihan — tetapi langsung bisa diterapkan di kantin sekolah.
Struktur Artikel (Ringkasan)
Pengenalan tentang uang jajan dan kantin sekolah
Hubungan dengan materi Matematika kelas 2: uang dan pecahan uang
Contoh soal dan langkah menghitung
Latihan soal tambahan
Kesimpulan
Contoh Soal dan Operasi Langkah demi Langkah
Berikut ini beberapa contoh soal tentang menghitung uang jajan kantin sekolah, lengkap dengan langkah operasi, agar siswa kelas 2 bisa memahaminya dengan jelas 😊
Soal 1
Ani mendapat uang jajan Rp 5.000,00. Di kantin, ia membeli sus mini seharga Rp 2.000,00 dan air mineral seharga Rp 1.500,00. Berapa sisa uang jajan Ani setelah membeli kedua barang itu?
Langkah penyelesaian:
Total harga barang = 2.000 + 1.500 = Rp 3.500
Ani membayar dengan uang jajan Rp 5.000
Sisa uang atau kembalian = 5.000 – 3.500 = Rp 1.500
Jadi, uang Ani yang tersisa adalah Rp 1.500,00 😊
Soal 2
Budi punya uang Rp 2.000 (dua lembar seribuan) dan 2 keping uang Rp 200. Ia ingin membeli snack seharga Rp 1.800. Apakah Budi cukup uangnya? Jika cukup, berapa kembalian yang akan diterima?
Langkah penyelesaian:
Nilai uang Budi = 2.000 + 200 + 200 = Rp 2.400
Harga snack = Rp 1.800
Selisih atau kembalian = 2.400 – 1.800 = Rp 600
Jadi, Budi cukup uang, dan ia akan mendapatkan kembalian Rp 600,00.
Soal 3 (lebih banyak barang)
Citra mendapatkan uang jajan Rp 10.000. Di kantin ia membeli:
Roti seharga Rp 3.000
Es teh seharga Rp 2.500
Permen seharga Rp 1.200
Biskuit seharga Rp 1.300
Hitunglah:
a) Total harga semua barang
b) Sisa uang Citra setelah membeli
Penyelesaian:
a) Total harga = 3.000 + 2.500 + 1.200 + 1.300
= (3.000 + 2.500) + (1.200 + 1.300)
= 5.500 + 2.500
= Rp 8.000
b) Uang jajan = Rp 10.000
Sisa uang = 10.000 – 8.000 = Rp 2.000
Jadi total yang dibelinya Rp 8.000 dan sisanya Rp 2.000.
Soal 4 (latihan menaksir / estimasi)
Toni membawa uang Rp 20.000. Dia ingin membeli beberapa barang di kantin:
Snack A Rp 4.600
Snack B Rp 3.900
Minuman Rp 5.700
Gunakan penaksiran untuk memperkirakan total harga yang akan dibayar agar Toni tahu kira-kira uang yang harus dibawa. Lalu hitung selisih dengan uang yang dibawa.
Langkah penaksiran:
Bulatkan setiap harga ke atas:
Snack A: 4.600 → 5.000
Snack B: 3.900 → 4.000
Minuman: 5.700 → 6.000
Jumlah taksir = 5.000 + 4.000 + 6.000 = Rp 15.000
Jadi perkiraan Toni akan menghabiskan sekitar Rp 15.000 dari uang Rp 20.000.
Sisa taksirannya = 20.000 – 15.000 = Rp 5.000
Jika dihitung tepat:
4.600 + 3.900 + 5.700 = 14.200
Sisa sebenarnya = 20.000 – 14.200 = Rp 5.800
Jadi taksiran lebih besar (lebih aman), tetapi kenyataannya Toni mendapat kembalian Rp 5.800.
Latihan Soal Tambahan untuk Siswa
Berikut beberapa soal latihan agar siswa lebih terbiasa:
Dewa mendapat uang jajan sebesar Rp 7.000. Ia membeli roti seharga Rp 2.500 dan susu seharga Rp 1.800. Berapa sisanya?
Fitri punya uang Rp 3.000 dan 3 keping uang Rp 200. Dia ingin membeli snack Rp 3.500. Apakah cukup uangnya? Jika ya, berapa kembalian?
Ardi membawa Rp 15.000 ke kantin. Ia membeli es krim Rp 4.200, minuman Rp 3.700, dan cokelat Rp 2.900. Hitunglah total dan sisa uangnya.
Gunakan penaksiran:
Barang A Rp 3.600
Barang B Rp 2.450
Barang C Rp 4.800
Estimasikan total harga dan bandingkan dengan jumlah uang Rp 12.000.
Siswa bisa menyelesaikan dengan langkah-langkah penjumlahan dan pengurangan yang sudah dipelajari.
Kaitkan dengan Materi BSE / Buku Sekolah
Materi menghitung uang jajan kantin sekolah ini berada dalam topik “uang” atau “pecahan nilai uang” yang ada di buku Matematika kelas 2. Misalnya, dalam materi Mengenal Uang disebutkan tentang nilai uang logam dan uang kertas, menjumlahkan sekelompok uang, serta menghitung kembalian.
ima-jateng-diy.com
+1
Selain itu, dalam buku siswa kelas 2 tema “Uang Saku” bagian Uang Saku dijelaskan tentang menghitung nilai pecahan dan menukar pecahan uang yang bernilai sama.
Buku Kemdikbud
Misalnya di halaman 48–50 buku siswa Tema “Tugasku di Sekolah / Uang Saku” terdapat latihan menghitung uang siswa Siti, Dayu, dan Beni.
Buku Kemdikbud
Untuk referensi yang lebih spesifik (halaman, judul bab) dari BSE Matematika kelas 2 Vol.1—karena akses bebasnya terbatas—bisa dicek di bagian topik uang / bab nilai pecahan. Namun dari katalog buku BSE kelas 2, materi uang sudah termasuk dalam konten buku siswa Matematika kelas 2 Vol. 1.
BUKUSEKOLAH.ID
Jadi apabila Anda mengacu ke BSE Matematika kelas 2 Vol. 1 (Buku Siswa) pada bab uang / pecahan uang, siswa dapat melihat definisi, contoh, dan latihan soal sejenis menghitung uang jajan kantin sekolah sebagai aplikasi nyata.
Kesimpulan & Tips Belajar 📝
Menghitung uang jajan kantin sekolah adalah aplikasi nyata dari materi uang di Matematika kelas 2.
Siswa harus terampil melakukan penjumlahan untuk menghitung total biaya, dan pengurangan untuk menghitung sisa uang atau kembalian.
Penaksiran (estimasi) membantu siswa memperkirakan total agar uang yang dibawa tidak kurang.
Praktik langsung di kantin sekolah sangat membantu: suruh siswa membeli snack kecil dan menghitung sendiri uang dan kembalian.
Orang tua dan guru bisa mendampingi dengan latihan soal nyata agar siswa semakin percaya diri.
BERIKUT MERUPAKAN ARTIKEL SEBELUMNYA:
