Menghitung Barang yang Hilang dari Meja
Di atas meja belajar Rani terdapat beberapa benda: 8 pensil, 5 penghapus, dan 6 penggaris. Setelah waktu istirahat, Rani melihat sebagian barangnya hilang. Ia ingin tahu berapa banyak yang hilang dari setiap jenis barang.
Untuk menyelesaikan masalah seperti ini, kita dapat menggunakan operasi pengurangan. Operasi pengurangan membantu kita mengetahui selisih antara jumlah awal dan jumlah akhir suatu benda.

✏️ Contoh Soal:
Jumlah awal pensil Rani = 8
Jumlah pensil yang tersisa = 5
Maka jumlah pensil yang hilang adalah:
8 – 5 = 3
Jadi, 3 pensil Rani hilang.
Kita juga bisa menerapkan cara yang sama untuk penghapus dan penggaris.
📘 Latihan:
Jika semula ada 6 penggaris dan sekarang tersisa 4, berapa penggaris yang hilang?
👉 Jawab: (6 – 4 = 2), jadi 2 penggaris hilang.
📚 Sumber:
Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika untuk SD/MI Kelas 1 (Kurikulum Merdeka)
Penulis: Siti Fatonah, dkk.
Penerbit: Pusat Perbukuan Kemdikbudristek, 2021
Bab 3: “Pengurangan Benda di Sekitar Kita” — Halaman 37–39
simak artikel lainnya di bawah ini
