Mengenal Angka Melalui Lagu dan Permainan
Pendahuluan
Belajar mengenal angka dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, terutama untuk siswa kelas 1 SD. Melalui lagu dan permainan, anak-anak dapat lebih cepat mengenal bentuk angka, urutan bilangan, serta memahami konsep jumlah secara alami. Metode ini juga melatih konsentrasi, koordinasi, dan daya ingat siswa.
Kegiatan Pembelajaran
Guru dapat memulai pembelajaran dengan lagu berhitung sederhana, seperti lagu “Satu, Dua, Tiga, Empat, Lima, Aku Cinta Matematika”. Setiap angka disebut sambil menunjukkan jari tangan atau benda di sekitar.
Setelah itu, siswa dapat bermain permainan “Lompat Angka”, di mana lantai diberi angka 1–10, dan siswa diminta melompat sesuai urutan angka atau hasil operasi penjumlahan sederhana yang disebut guru.
Contoh Operasi Matematika
Berikut contoh sederhana untuk memperkuat pemahaman konsep angka melalui lagu dan permainan:

- Guru menyanyikan lagu sambil menghitung:
“Satu tambah satu, jadi dua,
Dua tambah satu, jadi tiga!” - Guru kemudian menulis operasi di papan tulis:
- 1 + 1 = 2
- 2 + 1 = 3
- Siswa diajak mengulangi dan menunjukkan jumlahnya dengan jari tangan atau langkah kaki.
Manfaat Pembelajaran
- Membuat siswa aktif dan gembira saat belajar.
- Menghubungkan musik, gerak, dan logika angka.
- Membantu siswa mengenali urutan dan pola bilangan awal (1–10).
Sumber Belajar (BSE Matematika SD Kelas 1)
- Buku Sekolah Elektronik (BSE) “Matematika untuk SD/MI Kelas I”
Penulis: Suwandi & Dwi Mulyono
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional (Kurikulum 2013 Revisi)
📖 Halaman 9–11: Materi “Mengenal Angka 1–10”
simak artikel lainnya di bawah ini
