Mengelompokkan Benda Berdasarkan Jumlah Sama
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai kegiatan mengelompokkan benda. Misalnya, saat kita menata pensil di meja, membagi permen kepada teman, atau menyusun buku di rak.
Kegiatan ini sebenarnya merupakan dasar dari konsep pembagian dan perkalian dalam matematika.

🔹 Pengertian
Mengelompokkan benda berdasarkan jumlah yang sama berarti membagi benda menjadi beberapa kelompok dengan isi tiap kelompok memiliki jumlah yang sama.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih anak memahami konsep kesetaraan jumlah dan pengulangan bilangan secara konkret.
🔹 Contoh Operasi
Contoh:
Andi memiliki 12 kelereng, lalu ia ingin membaginya ke dalam kelompok yang masing-masing berisi 3 kelereng.
Maka banyak kelompok yang terbentuk dapat dihitung sebagai berikut:
12 : 3 = 4
Artinya, akan terbentuk 4 kelompok kelereng yang masing-masing berisi 3 kelereng.
Sebaliknya, jika setiap kelompok berisi jumlah yang sama, maka pengelompokan ini juga bisa ditulis dalam bentuk perkalian:
4 × 3 = 12
Jadi, mengelompokkan benda berdasarkan jumlah yang sama dapat membantu siswa memahami hubungan antara perkalian dan pembagian.
📘 Sumber
Buku Siswa Matematika Kelas 2 SD, Kurikulum Merdeka,
Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbudristek, 2021,
Halaman 34–35.
simak artikel lainnya di bawah ini
