More
    HomeMatematika Kelas 2Menentukan Pola Warna pada Anyaman

    Menentukan Pola Warna pada Anyaman

    Published on

    spot_img

    Menentukan Pola Warna pada Anyaman 🎨

    Pendahuluan

    Pada materi pola di kelas 2 (Bab 4: Posisi Benda dan Pola di Sekitar Kita), siswa diajak mengenali pola bukan bilangan, salah satunya pola warna dan pola bentuk.

    Scribd

    +4

    Scribd

    +4

    Scribd

    +4

    Pola warna berarti suatu urutan warna yang berulang dengan teratur. Misalnya merah – kuning – merah – kuning … maka pola warna itu adalah “merah, kuning, merah, kuning …” dan seterusnya.

     

    Dalam konteks anyaman (misalnya anyaman bambu, anyaman plastik, tikar, dsb.), kita bisa membuat motif dengan warna berbeda yang ditata menurut pola tertentu. Misalnya, ketika menyusun anyaman dengan warna A dan B secara bergantian, anak-anak bisa mengenali pola ABABAB … atau pola ABBABB … tergantung desainnya.

     

    Tujuan dari materi ini adalah agar siswa dapat menyusun pola warna, mengenali pola warna, dan melanjutkan pola warna dalam anyaman sederhana.

     

    Konsep dan Langkah Operasi Pola Warna pada Anyaman

     

    Identifikasi elemen warna

    Tentukan warna-warna yang akan dipakai, misalnya merah (R), kuning (K), hijau (H).

     

    Bentuk pola dasar

    Misalnya pola “R – K – R – K …” atau “R – H – K – R – H – K …” atau pola “A – B – B – A – B – B …”.

     

    Ulangi pola dasar

    Setelah pola dasar terbentuk (misalnya 4 warna), ulangi berurutan agar menjadi pola panjang.

     

    Lanjutkan pola

    Jika anak berhenti di tengah pola, siswa diminta melanjutkan sesuai pola yang sudah terbentuk.

     

    Visualisasi anyaman

    Pola warna tersebut bisa langsung diaplikasikan ke anyaman nyata (misalnya dengan menganyam pita atau potongan tali warna) agar siswa melihat pola sebagai bentuk nyata.

     

    Misalnya: pola dasar adalah R – K – R – K (merah – kuning – merah – kuning). Maka anyaman akan terlihat:

     

    R K R K R K R K …

     

     

    Jika siswa ditanya: warna ke-5 apa? Jawabannya warna ke-5 = R (merah), karena urutannya kembali ke pola awal.

     

    Contoh Soal + Operasi (untuk siswa)

     

    Contoh Soal 1

    Pola warna pada anyaman dimulai sebagai berikut:

    Merah – Kuning – Merah – Kuning – Merah – …

    a. Tuliskan 3 warna berikutnya!

    b. Jika kita berhenti di urutan ke-8, warna apa pada posisi ke-8?

     

    Penyelesaian / Operasi

     

    Pola dasar: merah (R), kuning (K), merah (R), kuning (K)

     

    Ulangi pola:

     

    R

     

    K

     

    R

     

    K

     

    R

     

    K

     

    R

     

    K

    a. Tiga warna berikutnya (setelah posisi ke-6, 7, 8) adalah: R, K, R

    b. Posisi ke-8 adalah warna Kuning (K)

     

    Contoh Soal 2

    Pola warna pada anyaman berbentuk: Merah – Hijau – Hijau – Merah – Hijau – Hijau – …

    a. Lanjutkan pola hingga posisi ke-9

    b. Warna apa pada posisi ke-7?

     

    Penyelesaian / Operasi

     

    Pola dasar: R – H – H

     

    Ulangi:

     

    R

     

    H

     

    H

     

    R

     

    H

     

    H

     

    R

     

    H

     

    H

    a. Urutan hingga posisi ke-9: R, H, H, R, H, H, R, H, H

    b. Posisi ke-7 = Merah (R)

     

    Soal Latihan (bisa langsung dikerjakan)

     

    Pola warna: Biru – Putih – Biru – Putih – …

    a. Lanjutkan pola hingga posisi ke-8

    b. Warna ke-6 apa?

     

    Pola warna: Kuning – Merah – Merah – Kuning – Merah – Merah – …

    a. Lanjutkan pola hingga posisi ke-10

    b. Warna ke-9 apa?

     

    Pola warna: Hitam – Putih – Hitam – Hitam – Putih – Hitam – Hitam – …

    Lanjutkan hingga posisi ke-12 dan sebutkan warna ke-12.

     

    Hubungan dengan Buku BSE dan Kurikulum

     

    Materi pola termasuk dalam Bab 4 “Posisi Benda dan Pola di Sekitar Kita” di Buku BSE Matematika kelas 2 (posisi dan pola bukan bilangan)

    Scribd

    +1

    . Pada halaman sekitar 114–118 dijelaskan mengenai pola — termasuk pola warna — sebagai bagian dari pola non-bilangan.

    YouTube

    +1

     

    Dalam dokumen modul ajar Bab 4, disebutkan bahwa peserta didik dapat mengenali, meniru, melanjutkan pola warna dan pola bentuk.

    Scribd

    Juga disebutkan bahwa dalam “Ayo Berlatih” siswa diminta “warnai gambar untuk melanjutkan pola” (pola warna) sebagai salah satu latihan.

    Scribd

    +1

     

    Tips Agar Pola Warna pada Anyaman Lebih Menarik & Efektif

     

    Gunakan warna-warna kontras agar pola lebih mudah terlihat.

     

    Gunakan pola dasar yang sederhana (2 atau 3 warna) untuk awal belajar.

     

    Biarkan siswa membuat variasi pola mereka sendiri, lalu saling tukar / tukar anyaman.

     

    Kombinasikan pola bentuk + warna agar lebih menarik (misalnya bentuk “segitiga merah, persegi kuning, segitiga merah, persegi kuning …”).

     

    Gunakan benda nyata (benang, pita, tali, kertas warna) agar siswa melihat langsung pola warna dalam anyaman.

     

    Kesimpulan & Penutup

    Menentukan pola warna pada anyaman adalah sebuah cara kreatif agar siswa memahami konsep pola warna dalam konteks nyata. Materi ini sesuai dengan buku BSE Bab 4 (Posisi dan Pola) di halaman ±114–118. Dengan latihan soal pola sederhana dan penerapan pada anyaman nyata, siswa kelas 2 akan lebih mudah memahami pola warna non-bilangan.

    Latest articles

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan arah untuk menunjukkan posisi...

    More like this

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...