Menentukan Pola Warna pada Anyaman 🎨
Pendahuluan
Pada materi pola di kelas 2 (Bab 4: Posisi Benda dan Pola di Sekitar Kita), siswa diajak mengenali pola bukan bilangan, salah satunya pola warna dan pola bentuk.
Scribd
+4
Scribd
+4
Scribd
+4
Pola warna berarti suatu urutan warna yang berulang dengan teratur. Misalnya merah – kuning – merah – kuning … maka pola warna itu adalah “merah, kuning, merah, kuning …” dan seterusnya.
Dalam konteks anyaman (misalnya anyaman bambu, anyaman plastik, tikar, dsb.), kita bisa membuat motif dengan warna berbeda yang ditata menurut pola tertentu. Misalnya, ketika menyusun anyaman dengan warna A dan B secara bergantian, anak-anak bisa mengenali pola ABABAB … atau pola ABBABB … tergantung desainnya.
Tujuan dari materi ini adalah agar siswa dapat menyusun pola warna, mengenali pola warna, dan melanjutkan pola warna dalam anyaman sederhana.
Konsep dan Langkah Operasi Pola Warna pada Anyaman
Identifikasi elemen warna
Tentukan warna-warna yang akan dipakai, misalnya merah (R), kuning (K), hijau (H).
Bentuk pola dasar
Misalnya pola “R – K – R – K …” atau “R – H – K – R – H – K …” atau pola “A – B – B – A – B – B …”.
Ulangi pola dasar
Setelah pola dasar terbentuk (misalnya 4 warna), ulangi berurutan agar menjadi pola panjang.
Lanjutkan pola
Jika anak berhenti di tengah pola, siswa diminta melanjutkan sesuai pola yang sudah terbentuk.
Visualisasi anyaman
Pola warna tersebut bisa langsung diaplikasikan ke anyaman nyata (misalnya dengan menganyam pita atau potongan tali warna) agar siswa melihat pola sebagai bentuk nyata.
Misalnya: pola dasar adalah R – K – R – K (merah – kuning – merah – kuning). Maka anyaman akan terlihat:
R K R K R K R K …
Jika siswa ditanya: warna ke-5 apa? Jawabannya warna ke-5 = R (merah), karena urutannya kembali ke pola awal.
Contoh Soal + Operasi (untuk siswa)
Contoh Soal 1
Pola warna pada anyaman dimulai sebagai berikut:
Merah – Kuning – Merah – Kuning – Merah – …
a. Tuliskan 3 warna berikutnya!
b. Jika kita berhenti di urutan ke-8, warna apa pada posisi ke-8?
Penyelesaian / Operasi
Pola dasar: merah (R), kuning (K), merah (R), kuning (K)
Ulangi pola:
R
K
R
K
R
K
R
K
a. Tiga warna berikutnya (setelah posisi ke-6, 7, 8) adalah: R, K, R
b. Posisi ke-8 adalah warna Kuning (K)
Contoh Soal 2
Pola warna pada anyaman berbentuk: Merah – Hijau – Hijau – Merah – Hijau – Hijau – …
a. Lanjutkan pola hingga posisi ke-9
b. Warna apa pada posisi ke-7?
Penyelesaian / Operasi
Pola dasar: R – H – H
Ulangi:
R
H
H
R
H
H
R
H
H
a. Urutan hingga posisi ke-9: R, H, H, R, H, H, R, H, H
b. Posisi ke-7 = Merah (R)
Soal Latihan (bisa langsung dikerjakan)
Pola warna: Biru – Putih – Biru – Putih – …
a. Lanjutkan pola hingga posisi ke-8
b. Warna ke-6 apa?
Pola warna: Kuning – Merah – Merah – Kuning – Merah – Merah – …
a. Lanjutkan pola hingga posisi ke-10
b. Warna ke-9 apa?
Pola warna: Hitam – Putih – Hitam – Hitam – Putih – Hitam – Hitam – …
Lanjutkan hingga posisi ke-12 dan sebutkan warna ke-12.
Hubungan dengan Buku BSE dan Kurikulum
Materi pola termasuk dalam Bab 4 “Posisi Benda dan Pola di Sekitar Kita” di Buku BSE Matematika kelas 2 (posisi dan pola bukan bilangan)
Scribd
+1
. Pada halaman sekitar 114–118 dijelaskan mengenai pola — termasuk pola warna — sebagai bagian dari pola non-bilangan.
YouTube
+1
Dalam dokumen modul ajar Bab 4, disebutkan bahwa peserta didik dapat mengenali, meniru, melanjutkan pola warna dan pola bentuk.
Scribd
Juga disebutkan bahwa dalam “Ayo Berlatih” siswa diminta “warnai gambar untuk melanjutkan pola” (pola warna) sebagai salah satu latihan.
Scribd
+1
Tips Agar Pola Warna pada Anyaman Lebih Menarik & Efektif
Gunakan warna-warna kontras agar pola lebih mudah terlihat.
Gunakan pola dasar yang sederhana (2 atau 3 warna) untuk awal belajar.
Biarkan siswa membuat variasi pola mereka sendiri, lalu saling tukar / tukar anyaman.
Kombinasikan pola bentuk + warna agar lebih menarik (misalnya bentuk “segitiga merah, persegi kuning, segitiga merah, persegi kuning …”).
Gunakan benda nyata (benang, pita, tali, kertas warna) agar siswa melihat langsung pola warna dalam anyaman.
Kesimpulan & Penutup
Menentukan pola warna pada anyaman adalah sebuah cara kreatif agar siswa memahami konsep pola warna dalam konteks nyata. Materi ini sesuai dengan buku BSE Bab 4 (Posisi dan Pola) di halaman ±114–118. Dengan latihan soal pola sederhana dan penerapan pada anyaman nyata, siswa kelas 2 akan lebih mudah memahami pola warna non-bilangan.

