Menentukan Hasil Kali dengan Cara Berulang
Pengantar Materi
Dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, konsep perkalian dapat dipahami sebagai penjumlahan berulang. Artinya, perkalian bukan sekadar simbol “×”, tetapi merupakan cara cepat untuk menjumlahkan bilangan yang sama beberapa kali.
Materi ini diajarkan pada Kelas 2 SD, sesuai dengan Buku Sekolah Elektronik (BSE) “Matematika untuk SD/MI Kelas II” Kurikulum Merdeka, terbitan Kemdikbud (halaman 42–44).
Penjelasan Konsep

Perkalian dengan cara berulang berarti kita menambahkan bilangan yang sama sebanyak jumlah yang dikalikan.
Contoh:
👉 3 × 4 berarti 3 ditambahkan sebanyak 4 kali, yaitu
3 + 3 + 3 + 3 = 12
Jadi, hasil kali dari 3 × 4 adalah 12.
Konsep ini membantu siswa memahami bahwa operasi perkalian merupakan bentuk efisien dari penjumlahan berulang.
Selain itu, siswa juga belajar mengubah bentuk kalimat matematika dari penjumlahan menjadi perkalian, misalnya:
- 2 + 2 + 2 + 2 = 8 → dapat ditulis menjadi 2 × 4 = 8
Contoh Operasi Perkalian Berulang
- 5 × 3 = 15
Karena 5 + 5 + 5 = 15 - 4 × 2 = 8
Karena 4 + 4 = 8 - 6 × 5 = 30
Karena 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = 30
Manfaat Memahami Konsep Ini
- Membantu siswa berpikir sistematis dalam menghitung.
- Menjadi dasar untuk memahami konsep perkalian dan pembagian lebih lanjut.
- Melatih ketelitian dan kemampuan berpikir logis.
Sumber
📚 Buku Sekolah Elektronik (BSE) – Matematika untuk SD/MI Kelas II (Edisi Revisi Kurikulum Merdeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, halaman 42–44.
simak artikel lainnya di bawah ini
