Membuat Simetris dengan Origami Kertas ✨
Pendahuluan
Pada pelajaran matematika di kelas 2 SD, salah satu konsep menarik yang dapat diajar melalui kegiatan nyata adalah simetri atau bentuk yang sama di dua sisi jika dilipat. Dengan menggunakan kertas origami, kita bisa membuat lipatan untuk memperlihatkan garis simetri secara visual. Kegiatan ini memadukan aspek seni (origami) dengan matematika (simetri), sehingga siswa dapat memahami konsep secara konkret.
Simetri lipat (atau simetri garis) adalah ketika sebuah bentuk dilipat sehingga kedua sisi lipatan saling bertumpuk sempurna. Garis lipatan itulah yang disebut sumbu simetri. Jika sebuah bentuk memiliki satu atau lebih sumbu simetri, maka bentuk itu disebut bentuk simetris. Jika tidak memiliki sumbu simetri, disebut bentuk tidak simetris. 🪄
Melalui origami, kita bisa membuat bentuk-bentuk sederhana dan mencari garis simetrianya. Kegiatan ini sangat cocok sebagai media konkret bagi siswa kelas 2.
Landasan Kurikulum & Sumber BSE
Dalam buku BSE “Matematika Vol. 2 BS Kelas II” (Materi tentang pecahan dan aktivitas origami) terdapat aktivitas melipat kertas origami untuk memahami pembagian dan bentuk simetri.
Scribd
Juga dalam buku Matematika Kelas 2 Vol. 2 Kurikulum Merdeka disebut bahwa setelah melipat origami beberapa kali, dapat digambarkan potongan dan garis pada lipatan tersebut sebagai bagian-bagian yang sama besar.
Meskipun sumber BSE lebih fokus pada konsep pembagian / pecahan melalui lipatan, kita dapat memperluasnya untuk aspek simetri karena lipatan menjadi garis pembagi yang simetris. Dalam buku “Matematika: 4.9 Simetri Lipat” dijelaskan dengan jelas bahwa bangun datar yang dapat dilipat menjadi dua sama menunjukkan simetri, dan garis lipatan disebut sumbu simetri.
Jadi, meskipun BSE tidak selalu menyebut “origami simetri” secara eksplisit, aktivitas “lipat kertas” sudah disebut dalam buku siswa kelas 2 sebagai bagian dari aktivitas pembelajaran (contohnya lipat kertas origami untuk membagi menjadi bagian sama besar).
Konsep & Operasi Membuat Simetri dengan Origami
1. Alat dan Bahan
Satu lembar kertas origami (atau kertas kotak biasa, kotak kecil lebih baik)
Gunting
Pensil atau spidol
Penggaris (opsional)
2. Langkah-Langkah Umum
Berikut urutan operasi untuk membuat dan menemukan garis simetri:
Siapkan kertas berbentuk persegi (origami biasanya sudah persegi).
Lipat kertas menjadi dua bagian sama besar (misalnya lipat dari satu sisi ke sisi berlawanan).
Tekan lipatan agar rapi, lalu buka lipatan.
Gambarlah garis pada bekas lipatan (ini adalah calon sumbu simetri).
Periksa apakah kedua sisi (kiri dan kanan) saling menumpuk dengan sempurna — jika iya, maka itu adalah sumbu simetri.
Untuk variasi, bisa dilipat lagi ke arah lain (misalnya lipat horizontal dan vertikal) untuk mencari lebih banyak sumbu simetri.
Jika bentuk hasil potongan diciptakan (misalnya memotong sesuai lipatan), pastikan bagian kiri dan kanan hasil potongan sama bentuk dan ukuran.
3. Contoh Operasi
Misalnya:
Ambil kertas persegi ukuran 10 cm × 10 cm.
Lipat secara vertical (lipat sisi kiri menumpuk ke sisi kanan).
Buka lipatan, gambarlah garis vertical di tengah (5 cm dari sisi kiri).
Jika Anda lipat lagi horizontal (lipat sisi atas ke bawah), maka akan muncul garis horizontal tengah (5 cm dari atas).
Dengan demikian, Anda akan memiliki 2 sumbu simetri (vertikal dan horizontal) jika bentuknya simetris di kedua arah.
Apabila Anda mewarnai sebagian sisi kiri, sisi kanan yang simetris harus berwarna sama agar simetri terjaga.
Ini menunjukkan bahwa bentuk persegi mempunyai 4 sumbu simetri (dua lipatan vertikal dan horizontal, dan dua lipatan diagonal). Namun untuk siswa kelas 2, kita cukup mengenalkan simetri lipat dasar (vertikal / horizontal).
Soal 1
Lakukan langkah-langkah berikut:
a. Ambil satu lembar kertas persegi.
b. Lipat kertas itu menjadi dua bagian sama besar secara vertikal.
c. Buka lipatan dan gambarlah garis lipatnya.
d. Apakah garis itu adalah sumbu simetri? Jelaskan alasannya.
Soal 2
Bentuk berikut adalah persegi dan persegi panjang.
Coba lipat persegi tersebut secara vertikal. Gambarlah garis lipatannya. Apakah itu sumbu simetri?
Coba lipat persegi panjang secara vertikal (dari sisi panjang ke sisi panjang). Gambarlah garis lipatannya. Apakah itu sumbu simetri?
Adakah cara lain melipat persegi panjang agar menghasilkan sumbu simetri selain lipatan vertikal? Jelaskan.
Soal 3
Berikut sebuah gambar setengah (sebelah kiri) dari sebuah bentuk. Gambarkan apa yang menjadi sisi kanan agar membentuk simetri.
Soal 4
Jika kamu melipat kertas kotak menjadi dua lipatan: salah satu lipat vertikal, satu lagi lipat horizontal, dan kemudian mewarnai satu kuadran, lakukan langkah ini:
a. Warna kuadran kanan atas Anda dengan warna tertentu.
b. Pastikan kuadran lain yang simetris juga sama warna.
c. Berapa banyak kuadran (bagian) yang kamu hasilkan?
d. Apakah setiap kuadran itu simetris terhadap sumbu yang sudah kamu buat?
Penjelasan Jawaban & Pembahasan
Pada Soal 1, garis lipatan vertikal adalah sumbu simetri jika sisi kiri dan kanan saling tumpang sempurna—yaitu, ketika dilipat, titik-titik di satu sisi tepat bertemu dengan titik di sisi lain.
Pada Soal 2, persegi memiliki sumbu simetri vertikal dan horizontal (dan juga diagonal jika diperkenalkan). Persegi panjang memiliki sumbu simetri hanya untuk lipatan vertikal (jika sisi panjang sama) dan juga mungkin lipatan horizontal jika sisi pendek sama, tetapi tidak semua lipatan diagonal berlaku.
Pada Soal 3, siswa diminta melengkapi sisi kanan supaya bentuk menjadi simetris.
Pada Soal 4, ketika melipat dua cara (vertikal & horizontal), kertas terbagi menjadi 4 bagian (kuadran). Jika mewarnai satu kuadran, kuadran yang bersimetris terhadap sumbu harus sama warna agar simetri terjaga.
Tips Agar Kegiatan Menarik 🎨
Gunakan kertas warna atau origami berwarna agar hasil lipatan tampak menarik.
Ajak siswa bereksperimen dengan bentuk lain (segitiga, hati, bentuk bebas) untuk mencari apakah bisa dilipat simetris atau tidak.
Gunakan spidol tipis agar garis pada lipatan tidak terlalu tebal mengganggu pengamatan.
Setelah lipatan dan garis dibuat, minta siswa memotong mengikuti garis untuk melihat apakah potongan yang dihasilkan benar-benar sama bentuk.
Tambahkan unsur permainan: siapa yang bisa menemukan jumlah sumbu simetri terbanyak dari selembar kertas yang sama.
Kesimpulan
Melalui origami (kertas lipat), kita dapat membuat garis lipatan dan mengidentifikasi sumbu simetri secara nyata bagi siswa.
Aktivitas ini sangat sesuai untuk siswa kelas 2 karena membantu mereka memahami konsep simetri melalui pengalaman langsung.
Meski dalam buku BSE kelas 2 topik lipatan lebih diarahkan ke pembagian (pecahan) melalui lipatan kertas, ide lipat kertas itu relevan untuk memperkenalkan simetri juga.
Scribd
+1
Materi simetri lipat lebih jelas dijelaskan pada dokumen “Matematika: 4.9 Simetri Lipat”.
