More
    HomeMatematika Kelas 3Membuat Pola Angka dari Drumbend

    Membuat Pola Angka dari Drumbend

    Published on

    spot_img

    Membuat Pola Angka dari Drumbend

     

    Pola angka sangat menarik bagi siswa kelas 3 SD karena pola itu memudahkan mereka memahami pola bilangan yang berulang atau bertambah secara teratur. Dalam konteks “drumbend” (istilah ini bisa kita anggap sebagai pola “loncatan” atau “melompat-lompat” dalam deret angka, seperti irama musik drumbend yang teratur), kita bisa membuat pola angka dengan cara loncatan tetap—misalnya loncatan +2, +3, +5, dan sebagainya.

     

    Misalnya, jika kita mendengarkan bunyi drumbend yang ritmis, kita bisa sambungkan dengan angka: setiap ketukan mungkin loncat 2 angka, atau loncat 3 angka, dan seterusnya. Nah, anak-anak bisa diajak menebak pola selanjutnya berdasarkan loncatan tersebut.

     

    Mengapa pola angka itu penting?

     

    Pola bilangan merupakan bagian dari materi bilangan di kelas 3 SD, sesuai di buku Matematika kelas III BSE, dalam topik “Menentukan pola pada barisan bilangan”.

    www.slideshare.net

    +1

     

    Dengan mengenali pola, siswa bisa memperkirakan suku selanjutnya tanpa menghitung satu per satu.

     

    Latihan pola angka meningkatkan kemampuan berpikir logis dan prediksi matematika.

     

    Struktur artikel ini

     

    Pengertian pola angka & kaitan dengan drumbend

     

    Cara membuat pola angka (langkah-langkah)

     

    Contoh pola angka (operasi)

     

    Latihan dan tugas

     

    Kata kunci SEO dan referensi

     

    1. Pengertian Pola Angka & Kaitannya dengan Drumbend

     

    Pola angka adalah susunan bilangan yang mengikuti aturan tertentu (misalnya +2, +3, –1, dan sebagainya). Apabila kita bayangkan ketukan drumbend yang berirama konsisten, kita bisa analogikan bahwa setiap ketukan “melompat” dari angka ke angka dengan pola yang tetap. Misalnya ketukan pertama di angka 5, kemudian ketukan kedua berada di angka 8, kemudian 11, dan seterusnya — itu berarti loncatan +3 setiap ketukan.

     

    Jadi “membuat pola angka dari drumbend” berarti: menetapkan aturan loncatan antara angka supaya pola itu mirip ritme drumbend, lalu siswa bisa melanjutkan deret angka tersebut.

     

    2. Cara Membuat Pola Angka (Langkah-langkah)

     

    Berikut langkah-langkah agar siswa bisa membuat pola angka dari “drumbend”:

     

    Tentukan angka awal — pilih satu angka sebagai suku pertama, misalnya 2.

     

    Tentukan loncatan tetap (beda antar suku) — misalnya +2, +3, atau +4.

     

    Tuliskan beberapa suku awal — misalnya 2, 5, 8, 11, …

     

    Pastikan pola konsisten — selisih antara suku ke-n dan suku ke-(n+1) sama tiap langkah.

     

    Minta siswa menebak suku berikutnya — dengan menggunakan pola yang sudah ditentukan.

     

    Uji variasi pola — misalnya membuat pola dengan loncatan +1, +2, +5, atau pola menurun (–2), dsb.

     

    Dengan cara ini, siswa akan terbiasa mengamati pola dan memahami aturan di balik pola itu.

     

    3. Contoh Pola Angka & Operasi

     

    Berikut beberapa contoh pola angka yang bisa dibuat dan contoh operasinya:

     

    Contoh 1: pola loncatan +2

     

    Atur pola drumbend dengan loncatan +2.

    Suku awal: 3

    Deret: 3, 5, 7, 9, 11, 13, …

     

    Operasi (selisih tiap langkah):

    5 – 3 = 2

    7 – 5 = 2

    9 – 7 = 2

    Seterusnya setiap langkah bertambah 2.

     

    Suku ke-7 = 13

     

    Contoh 2: pola loncatan +3

     

    Suku awal: 4

    Deret: 4, 7, 10, 13, 16, 19, …

     

    Operasi:

    7 – 4 = 3

    10 – 7 = 3

    13 – 10 = 3

    dan seterusnya.

     

    Suku ke-5 = 16

     

    Contoh 3: pola menurun –1

     

    Suku awal: 10

    Deret: 10, 9, 8, 7, 6, 5, …

     

    Operasi:

    9 – 10 = –1

    8 – 9 = –1

    dst.

     

    Suku ke-6 = 5

     

    Contoh 4: pola tidak tetap (drumbend variasi)

     

    Kita bisa juga membuat pola “loncatan bergantian”, misalnya +2, +4, +2, +4, …

    Suku awal: 1

    Deret: 1, 3, 7, 9, 13, 15, 19, …

     

    Operasi antarsuku:

    3 – 1 = 2

    7 – 3 = 4

    9 – 7 = 2

    13 – 9 = 4

    dst.

     

    Suku ke-7 = 19

     

    4. Latihan & Tugas untuk Siswa

     

    Latihan 1

    Lanjutkan pola angka berikut (3 suku berikutnya):

    a) 2, 5, 8, … (loncatan +3)

    b) 7, 10, 13, … (loncatan +3)

    c) 12, 10, 8, … (loncatan –2)

    d) 5, 9, 13, 17, … (loncatan +4)

     

    Latihan 2

    Buat pola angka “drumbend” sendiri (suku awal + loncatan) dan minta temanmu untuk melanjutkan.

     

    Tugas kelompok

    Setiap kelompok membuat pola angka dengan loncatan kalian sendiri, lalu saling tukar pola dan coba selesaikan pola dari kelompok lain.

     

    5. Kata Kunci & SEO

     

    Kata kunci (tanpa pagar): membuat pola angka, pola bilangan, drumbend

     

    Keyword SEO (dengan pagar): #membuatpolaangka, #polabilangan, #drumbend

     

    6. Referensi & Sumber BSE

     

    Materi pola bilangan masuk dalam buku Matematika kelas III (BSE) sebagai bagian dari topik Menentukan pola pada barisan bilangan.

    www.slideshare.net

    +1

     

    Secara spesifik, di daftar isi buku “Cerdas Berhitung Matematika Kelas 3 (BSE)” materi pola bilangan termasuk dalam Bab 1 (Letak bilangan & Pola) atau subtopik pola bilangan.

    www.slideshare.net

     

    Sedangkan dalam “Buku Panduan Guru Matematika untuk SD Kelas III (K13 / BSE)” materi pola bilangan juga disinggung dalam bab bilangan dan pola.

    Buku Kemdikbud

     

    Catatan: saya tidak menemukan nomor halaman persis untuk “pola bilangan” di versi BSE yang dapat diakses publik, namun Anda bisa cek di bagian bab “Letak bilangan / Pola bilangan” di buku siswa BSE Matematika Kelas III (sekitar bab awal) untuk menemukan halaman yang mencantumkan pola deret.

    BERIKUT MERUPAKAN ARTIKEL SEBELUMNYA:

    https://contekan.web.id/membandingkan-pa…ua-tali-lompat-2/

     

     

    Latest articles

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan arah untuk menunjukkan posisi...

    More like this

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...