More
    HomeMatematika Kelas 6Membuat Grafik Populasi Ikan di Kolam Sekolah

    Membuat Grafik Populasi Ikan di Kolam Sekolah

    Published on

    spot_img

    Membuat Grafik Populasi Ikan di Kolam Sekolah

    Di lingkungan sekolah, kolam ikan sering menjadi tempat yang menarik untuk belajar matematika secara nyata. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah mencatat dan membuat grafik populasi ikan di kolam sekolah. Dengan kegiatan ini, siswa dapat memahami bagaimana data dikumpulkan, disajikan, dan dianalisis menggunakan grafik batang atau diagram garis.

    Langkah pertama adalah melakukan pengamatan jumlah ikan setiap bulan. Misalnya, siswa mencatat jumlah ikan mas, ikan nila, dan ikan mujair di kolam sekolah. Data tersebut kemudian disusun dalam tabel dan diubah menjadi grafik agar lebih mudah dipahami.
    Melalui grafik, siswa bisa melihat perubahan populasi ikan dari waktu ke waktu — apakah meningkat, menurun, atau stabil.

    Kegiatan ini mengajarkan siswa pentingnya penyajian data secara visual untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi. Misalnya, jika populasi ikan menurun, maka perlu dilakukan perawatan kolam atau penambahan pakan.


    Contoh Operasi dan Penyajian Data

    Tabel Data Populasi Ikan di Kolam Sekolah

    Bulan Ikan Mas Ikan Nila Ikan Mujair
    Januari 25 30 20
    Februari 28 35 22
    Maret 32 40 25
    April 35 45 30

    Langkah Membuat Grafik Batang:

    1. Sumbu horizontal (X) menunjukkan bulan.
    2. Sumbu vertikal (Y) menunjukkan jumlah ikan.
    3. Buat tiga batang berbeda warna untuk setiap jenis ikan.
    4. Bandingkan tinggi batang untuk melihat peningkatan populasi setiap bulan.

    Contoh Analisis:

    • Populasi ikan mas meningkat dari 25 menjadi 35 ekor.
    • Populasi ikan nila naik paling banyak, dari 30 menjadi 45 ekor.
    • Populasi ikan mujair juga meningkat dari 20 menjadi 30 ekor.

    Dari grafik, siswa dapat menyimpulkan bahwa seluruh jenis ikan mengalami peningkatan populasi, yang berarti ekosistem kolam terpelihara dengan baik.


    Sumber Rujukan:

    Buku Sekolah Elektronik (BSE)
    📘 Matematika untuk SD/MI Kelas VI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Edisi Revisi 2018.

    • Bab 5: Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram atau Grafik (Halaman 114–118).

     

    Menghitung Perbandingan Suara Bass dan Treble Musik

    Latest articles

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan

    Mengenal Arah Kiri dan Kanan Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan arah untuk menunjukkan posisi...

    More like this

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka

    Menentukan Bilangan yang Hilang di Antara Dua Angka Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan urutan...

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari

    Membuat Cerita Matematika dari Kehidupan Sehari-hari Matematika tidak hanya ada di buku pelajaran, tetapi juga...

    Mengurutkan Bilangan Mundur

    Mengurutkan Bilangan Mundur Mengurutkan bilangan mundur adalah kegiatan menyusun angka dari yang terbesar ke yang...