Membandingkan Volume Air di Botol Minuman
📘 Pengantar
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat berbagai ukuran botol minuman — ada yang kecil, sedang, dan besar. Tanpa disadari, kita sedang melakukan kegiatan membandingkan volume air. Volume adalah besaran yang menyatakan seberapa banyak ruang yang ditempati oleh benda cair, seperti air.
Kegiatan membandingkan volume membantu siswa memahami konsep lebih banyak, lebih sedikit, dan sama banyak dalam konteks nyata.
🧂 Contoh Kasus
Bayangkan ada tiga botol minuman:

- Botol A berisi 250 ml air,
- Botol B berisi 600 ml air, dan
- Botol C berisi 1.000 ml air.
Untuk mengetahui botol mana yang memiliki volume air paling banyak, kita dapat membandingkan angka-angka volume tersebut:
- 250 ml < 600 ml < 1.000 ml
Artinya, Botol C memiliki volume air paling banyak, sedangkan Botol A paling sedikit.
🧮 Contoh Operasi Perbandingan
Misalnya kamu ingin tahu berapa kali lebih banyak volume air di Botol C dibanding Botol A:
1.000/250 = 4
Jadi, volume air di Botol C 4 kali lebih banyak daripada Botol A.
📗 Sumber Belajar
Materi ini dapat ditemukan dalam:
Buku Siswa Matematika Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, Bab Mengenal Satuan dan Pengukuran Volume, halaman 78–79 (BSE Kemdikbud, 2022).
simak artikel lainnya di bawah ini
