Belajar Penjumlahan dengan Benda di Sekitar
Belajar penjumlahan tidak harus selalu menggunakan angka di buku. Siswa kelas 1 SD dapat memahami konsep penjumlahan dengan menggunakan benda-benda di sekitar, seperti pensil, buah, atau kelereng. Dengan cara ini, anak dapat melihat secara langsung bagaimana dua kelompok benda digabung menjadi satu.
📚 Contoh Kegiatan

Guru dapat meminta siswa untuk membawa beberapa benda kecil, misalnya pensil warna.
- Letakkan 3 pensil merah di atas meja.
- Tambahkan lagi 2 pensil biru.
Kemudian ajak siswa menghitung semua pensil yang ada.
👉 Maka,
3 + 2 = 5
Artinya, jumlah seluruh pensil adalah 5 buah.
Selain itu, kegiatan ini bisa dikembangkan dengan permainan seperti mengelompokkan buah mainan atau menghitung batu kecil di taman sekolah. Melalui kegiatan nyata, siswa lebih mudah memahami bahwa penjumlahan berarti menggabungkan dua atau lebih kelompok benda menjadi satu kelompok yang lebih besar.
🧮 Contoh Operasi Penjumlahan Lainnya:
- 4 apel + 3 apel = 7 apel
- 2 kelereng + 5 kelereng = 7 kelereng
- 1 bunga + 6 bunga = 7 bunga
📖 Sumber:
Buku Siswa Matematika Kelas 1 SD/MI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Edisi Revisi 2017, halaman 10–11, pada materi “Penjumlahan dengan Benda-Benda di Sekitar Kita”.
simak artikel lainnya di bawah ini
